Advertisement

Beredar Video dengan Narasi Pernyataan Cak Imin Bergabung ke Kubu 02 Prabowo-Gibran, Cek Faktanya

Media Digital
Jum'at, 01 Maret 2024 - 12:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Beredar Video dengan Narasi Pernyataan Cak Imin Bergabung ke Kubu 02 Prabowo-Gibran, Cek Faktanya Tangkapan layar video yang diklaim menampilkan Muhaimin Iskandar menyatakan bergabung ke koalisi Prabowo/Gibran.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video yang menampilkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berpidato beredar di media sosial. Video tersebut mencantumkan narasi bahwa Cak Imin bergabung dengan kubu Prabowo-Gibran.

Mengejutkan!! Pernyataan Gus Muhaimin Bergabung Prabowo Gibran demi Rakyat Indonesia,” demikian narasi dalam video yang beredar di Facebook pada tautan ini yang diunggah pada 22 Februari lalu tersebut. Rupanya, video itu juga beredar di unggahan akun Facebook yang lain pada tautan ini dan di Instagram pada tautan ini.

Advertisement

BACA JUGA: Hasil Pilpres Per 1 Maret 2024: Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud

Dalam video, tampak Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berpidato di podium dalam sebuah acara yang dihadiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dalam pidatonya, ia berkata bahwa Prabowo merupakan pemimpin yang paling ikhlas dan akan menjadi Presiden 2024.

"Hari ini dan ke depan dibutuhkan pemimpin yang berbesar hati, menerima berbagai keadaan, termasuk menerima berbagai kesulitan yang dihadapi. Saya jadi ingat Gus Dur pernah menyampaikan bahwa Prabowo ini pemimpin yang paling ikhlas. Dan insyaallah akan menjadi Presiden 2024," ujarnya dalam video tersebut.

Apakah benar Cak Imin menyatakan bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran?

Penelusuran

Dari hasil penelusuran dengan mengecek kata kunci potongan isi pidato dalam video tersebut di mesin pencari Google, ditemukan video yang lebih lengkap di kanal YouTube MerdekaDotCom yang ditayangkan langsung pada 22 Mei 2023. 

Video yang asli menunjukkan Cak Imin dan Prabowo Subianto menghadiri istighasah nasional di Pondok Pesantren Bahlul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/5/2023). Peristiwa tersebut terekam sebelum Cak Imin dipasangkan dengan Anies Baswedan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2024. Saat itu, Prabowo juga belum menyatakan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Dalam pidatonya, tidak ada ucapan Cak Imin menyatakan bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran. Cak Imin hanya menyampaikan pujian dan penghargaan kepada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

Pada Pilpres 2024, ada tiga pasangan capres-cawapres yang ditetapkan sebagai kandidat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 01. Sementara Prabowo-Gibran mendapat nomor urut 02. Lalu ada Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada nomor urut 03.

BACA JUGA: Gibran Tetap Kawal 17 Perioritas Pembangunan Solo Meski Tak Jabat Walikota Nantinya

Usai pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari lalu, penghitungan suara masih terus dilakukan hingga saat ini. Per 1 Maret 2024, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 75.371.916 atau 58,83%. Pasangan Anies baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh 24,49% atau setara dengan 31.377.650 suara. Sementara Pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD ada di posisi terakhir dengan perolehan suara 16,68% atau setara 21.373.316 suara.

Dalam pernyataannya pada 21 Februari 2024, Cak Imin menampik anggapan yang menyatakan pihaknya bakal bergabung ke gerbong calon presiden dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. “Saya terus di jalan perubahan,” sebut Muhaimin di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024), dikutip dari Bisnis.com.

Kesimpulan

Narasi yang mengatakan video yang beredar memperlihatkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan bergabung partai koalisi pengusung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 adalah hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Sempat Menitipkan Pesan Ini lewat Harianjogja.com Dua Tahun yang lalu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement