Advertisement

Beredar Video dengan Klaim Yogyakarta Dilanda Gelombang 20 Meter, Begini Faktanya

Media Digital
Minggu, 17 Maret 2024 - 13:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Beredar Video dengan Klaim Yogyakarta Dilanda Gelombang 20 Meter, Begini Faktanya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

JOGJA—Sebuah video di YouTube yang diunggah pada 15 Maret 2024 beredar dengan klaim yang menyatakan bahwa ada peristiwa bencana alam berupa meluapnya gelombang laut setinggi 20 meter yang melanda wilayah Yogyakarta hingga musnah.

Video dengan judul “BENCANA ALAM TERBARU ~ YOGYAKARTA MUSNAH,GELOMBANG TINGGI 20 METER MENGAMUK HINGGA MELUAP” tersebut diunggah pada tautan berikut ini.

Advertisement

BACA JUGA: Cek Fakta: Radiasi Kosmik saat Gerhana Bulan Mengakibatkan Paparan Radiasi di Gawai Meningkat sehingga Memengaruhi Kesehatan Manusia

Video tersebut berdurasi 4 menit 19 detik dan menampilkan sejumlah adegan gelombang laut yang melanda daratan serta diisi oleh suara latar narator.

Setelah ditelusuri, rupanya video tersebut merupakan konten hoaks.

Dilansir dari cekfakta.com, video tersebut berisi suara latar narator tentang perkiraan BMKG mengenai tinggi gelombang di DIY yang berpotensi mencapai 4-6 meter. Adapun seluruh suara latar dalam video tersebut menggunakan teks yang dibacakan ulang dari berita Antaranews berjudul “BMKG prakirakan tinggi gelombang laut selatan Jabar-DIY enam meter” yang terbit pada 13 Maret 2024.

BACA JUGA: Kisah Seribu Candi Jadi Legenda, Ini Fakta Jumlah Candi di Kompleks Prambanan

Dalam suara latar isi video tersebut, narator menyampaikan bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang laut di selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya wilayah Samudra Hindia selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai 4-6 meter sehingga masuk kategori sangat tinggi.

Padahal, dalam judul, video tersebut mengklaim terjadi gelombang tinggi 20 meter yang melanda Yogyakarta. Sehingga, narasi pada judul video berbeda dengan suara latar dalam isi video yang dibacakan narator.

Kesimpulannya, klaim narasi video tersebut adalah hoaks. Faktanya isi video tersebut hanya berisi himbauan dari BMKG mengenai potensi gelombang setinggi 4-6 meter di laut selatan Jabar-DIY, serta tidak ditemukan informasi yang membenarkan adanya peristiwa gelombang setinggi 20 meter yang melanda Yogyakarta.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/4006962/bmkg-prakirakan-tinggi-gelombang-laut-selatan-jabar-diy-enam-meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Cekfakta.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Kim So Hee Akan Menikah dengan Pengusaha dan Pensiun dari Industri Hiburan

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement