Advertisement

CEK FAKTA: Prabowo Resmikan Partai Baru Besutan Anies

Newswire
Kamis, 03 Oktober 2024 - 08:47 WIB
Ujang Hasanudin
CEK FAKTA: Prabowo Resmikan Partai Baru Besutan Anies Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ditemui seusai acara di Pendopo Wisma Kagama pada Senin (9/9/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Presiden Terpilih yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama dengan petinggi sejumlah partai lainnya yakni Partai NasDem, PKS, hingga PPP ikut meresmikan partai besutan politikus Anies Baswedan.

Dalam thumbnail tersebut juga menampilkan foto Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ahmad Syaikhu, Surya Paloh dan Sandiaga Uno berada dalam satu panggung.

Advertisement

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“NASDEM, PPP, PKS, PRABOWO, MERAPAT RESMIKAN PARTAI PERUBAHAN ANIES”

Namun, benarkah Prabowo Subiantor dan petinggi partai lain ikut meresmikan partai baru Anies?
Unggahan video yang menarasikan Prabowo, NasDem dan PKS ikut resmikan Partai baru Anies Baswedan. Faktanya, narasi judul tidak sesuai dengan isi berita. (YouTube)

Penjelasan:

Menurut penelusuran, video yang ditampilkan pada unggahan tersebut merupakan potongan video YouTube Refly Harun yang berjudul : “LIVE! SURAT BUAT ANIES (LAGI): NETRAL & SEGERA DEKLARASI PARTAI! SETUJU?!".

Pada postingan tersebut pakar hukum Refly Harun menyampaikan “surat” kepada Anies Baswedan dan berpesan tiga hal yang harus dihindari dalam pembentukan partai baru itu, mulai dari pengkultusan akan sosok Anies Baswedan, dibiayai oleh pemodal dan oligarki, dan jangan sampai menjadi partai yang pragmatis.

Dalam video tersebut tidak ada narasi Prabowo serta petinggi partai meresmikan partai baru. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi terkait rencana pembentukan partai yang digagas Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Buruh di Jogja Mendesak Besaran UMP DIY pada 2025 Naik Minimal 50 Persen

Jogja
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Cuma Konser Metahuman, Synchronize Fest 2024 Juga Hadirkan Museum Nike Ardilla

Hiburan
| Minggu, 06 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement