Advertisement

Viral Uang Kertas Baru Emisi Gambar Sri Mulyani dan Pecahan Redenominasi, Begini Kebenarannya

Hesti Puji Lestari & Mediani D. Natalia
Selasa, 19 Maret 2024 - 15:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Viral Uang Kertas Baru Emisi Gambar Sri Mulyani dan Pecahan Redenominasi, Begini Kebenarannya Viral uang kertas baru dengan pecahan baru. (CNN - via Tiktok).

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dunia maya di Tanah Air tengah heboh dengan unggahan deretan uang kertas baru bergambar sejumlah tokoh, salah satunya adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Tak hanya itu, deretan uang kertas baru tersebut juga menggunakan redenominasi alias penyederhanaan uang rupiah.

Bukan hanya menggunakan foto Sri Mulyani, beberapa uang kertas yang diklaim sebagai emisi 2024 itu juga menggunakan beberapa foto tokoh-tokoh baru. Terlihat, uang kertas bergambar Sri Mulyani tertulis pada uang pecahan Rp1 rupiah. Munculnya foto ini beriringan dengan merebaknya kembali isu redenominasi yang berkembang belakangan ini. Dalam unggahan tersebut, narasi yang tertulis adalah udah bisa dipakai pada saat Lebaran nanti.

Advertisement

Penelusuran

Dikutip dari Bisnis.com, informasi yang viral di media sosial tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Hingga saat ini, BI belum sekalipun mengumumkan tentang uang baru emisi 2024. Kali terakhir Bank Indonesia (BI) dan pemerintah meluncurkan 7 pecahan Uang Kertas Tahun Emisi (TE) adalah pada Agustus 2022 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mewakili pemerintah dalam peluncuran tersebut menyampaikan Rupiah tak hanya sekadar uang, tetapi juga merupakan sebuah mata uang yang menggambarkan perjalanan dari bangsa Indonesia.

Uang Republik Indonesia (RI) pertama kali disahkan dan berlaku pada 30 Oktober 1946. Kala itu, pengesahan Uang RI tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta dan menandakan babak baru bagi Indonesia yang baru saja merdeka pada 17 Agustus 1945.

Terkait dengan unggahan tersebut, Bank Indonesia memberikan pernyataan tertulis melalui X pada Minggu (17/3/2024):

#SobatRupiah, belum lama ini beredar info, termasuk dr salah satu video yg menyebutkan bahwa bank Indonesia sudah siap melakukan redenominasi Rupiah, bahkan dgn disertai contoh nominal Rupiah yg telah diredenominasi.

Seperti apa fakta sebenarnya, simak thread berikut ya, Sobat!

Pertama, video terkait redenominasi yang beredar tersebut, dipastikan bukan bersumber dari Bank Indonesia.

Kedua, visual uang yang ditampilkan dalam video tersebut dapat dipastikan bukan uang Rupiah resmi yang diedarkan oleh Bank Indonesia.

Ketiga, implementasi redenominasi masih perlu melihat momentum yg tepat & belum akan dilakukan dlm waktu dekat.

Keempat, beberapa hal perlu dipertimbangkan yaitu kondisi makroekonomi yg bagus, kondisi moneter & sistem keuangan yg stabil, dan kondisi sosial politik yg kondusif.

Dalam pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia bulan Juni 2023, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo juga menyampaikan bahwa

Bank Indonesia menilai perekonomian domestik saat ini memang sudah baik…

Namun, kondisi perekonomian kini masih dibayangi efek rambatan dari eksternal terutama pelemahan ekonomi global. Selain itu, stabilitas sistem keuangan juga stabil, tetapi masih ada ketidakpastian global. Sehingga implementasi redenominasi masih akan melihat momentum yg tepat.”

Jika Sobat menerima informasi yang diragukan terkait Bank Indonesia, yuk #BeriMakna dengan menghubungi #BICARA131 melalui live agent, yang tersedia dalam pilihan topik di nomor Whatsapp 081 131 131 131 untuk layanan pengaduan dan informasi sesuai faktanya ya!

Kesimpulan

Dengan demikian informasi mengenai uang kertas baru emisi 2024 bergambar sejumlah tokoh, seperti Menkeu Sri Mulyani dan pecahan redenominasi adalah salah. Bahkan informasi ini selalu muncul setiap tahun menjelang perayaan hari besar keagamaan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Kim So Hee Akan Menikah dengan Pengusaha dan Pensiun dari Industri Hiburan

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement