Advertisement

Cek Fakta Poster Film Penantian Panjang dengan Foto Prabowo-Titiek yang Jadi Sorotan

Media Digital
Senin, 26 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Cek Fakta Poster Film Penantian Panjang dengan Foto Prabowo-Titiek yang Jadi Sorotan Poster film Penantian Panjang yang diunggah di berbagai media sosial. Tangkapan layar - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jagat dunia maya, kembali dihebohkan dengan munculnya poster bergambar Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto dengan judul Penantian Panjang. Mengambil setting suasana gedung bioskop, warganet menduga poster tersebut sebagai film baru yang akan diproduksi. Benarkah demikian? Berikut penelusuran cek fakta Harianjogja.com.

Unggahan

Advertisement

Poster tersebut menjadi viral di berbagai media sosial, baik TikTok, Instagram, Facebook dan X. Dari penelusuran Harian Jogja, poster ini pertama kali diunggah oleh @malikzabd di TikTok. Dari akun tersebut, sebenarnya poster bergambar Prabowo-Titiek diunggah sebanyak enam kali dengan berbagai narasi dan angle. Dari unggahan tersebut juga muncul deretan artis laki-laki dan perempuan yang dapat memerankan karakter Prabowo dan Titiek. Hingga Senin (26/2/2024), rata-rata unggahan tersebut telah ditonton 9.142-6 juta kali.

Dari enam unggahan, tiga unggahan dengan interaksi tertinggi disematkan sehingga selalu muncul di pencarian akun tersebut. Banyaknya poster mengenai hal tersebut membuat sebagian warganet mempertanyakan keaslian foto tersebut.

Penelusuran

Dari penelusuran Harianjogja.com, ada sekitar 124 unggahan di akun ini. Beberapa di antaranya mengenai film dan suasana bagian dalam bioskop di Indonesia. Hal ini sesuai dengan profil @malikzabd yang tertulis di akunya, yakni creator capcut/script writer/review film/editor. Di bagian akhir pekerjaan, dia juga menuliskan pekerjaannya sebagai karyawan retail.

Terkait dengan calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo, poster penantian panjang bukanlah satu-satunya yang diunggah. @malikzabd turut mengunggah gambar Prabowo-Gibran maupun Prabowo dan memaparkan alasannya memilih Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024.

Baca Juga

CEK FAKTA: Benarkah Ramadan 2021 Punya Waktu Siang Terpanjang?

CEK FAKTA: Beredar Video Pegowes Meninggal di Banguntapan, Ini Faktanya

CEK FAKTA: Merdeka.com Dituduh Sebar Hoaks UU Cipta Kerja, Ini Faktanya

Di bagian teratas, @malikzabd menyematkan tiga unggahan poster Penantian Panjang dengan interaksi tertinggi, yakni 3,5 juta-6 juta kali. Poster yang diunggah pada Sabtu (17/2/2024) dan jumlah penonton 3,5 juta, @malikzabd menuliskan narasi mengenai poster tersebut

Kalau aku nggak iseng ngedit poster film "penantian panjang" Aku nggak bakal tau gimana senengnya bisa ditonton jutaan orang hanya dalam kurun waktu satu harian aja. Aku nggak bakal tahu ternyata orang-orang seantusias itu berharap film ini bakalan bener bener ada sampe bela-belain ngetag banyak produser di kolom komentar. Aku nggak bakal tau gimana rasanya dikomen sama akun2 yang udah centang biru bahkan sampai mindra pun akhirnya juga ikutan nimbrung. Terus aku juga nggak espek kalau konten ini viralnya nyampe instagram sampai di post sama akun-akun besar. Ya meskipun komentar di instagram isinya tidak seindah kebanyakan komentar di tiktok. Buat kalian yang udah make versi template capcutnya, terimakasih banyak yaa. Sehat dan lancar selalu rezeki kalian. Yang udah ijin buat ikutan bikin dan di kontennya dikasih IB terimakasih banyak2. Dan buat kalian semua yang udah jadiin ini sebagai trend tiktok juga terimakasih banyak yaaa. Jujur nggak nyangka bgt aslinya mah bakal jadi seheboh ini sampai dikira filmnya memang benaran ada. Ya meskipun banyak dari kalian yang ikut bikin konten slide trus ikut FYP juga tapi nggak kasih ib dikontennya, tapi ya gapapa. Aku juga udah ikhlas dan tau kok resikonya kalo konten kita fyp ditiktok, kita itu memang harus siap untuk ditiru dan siap menjadi bagian milik dari orang lain. Terakhir nih, buat yang masih bertanya-tanya ini beneran atau nggak, ini poster cuma hasil dari editanku aja ya. Tapi nggak ada salahnya dan nggak menutup kemungkinan juga kan kalau suatu saat nanti kisah cinta Pak Prabowo dan Bu Titiek yang kita semua harapkan ini memang benar2 akan dijadikan film layar lebar.

Kesimpulan

Dengan demikian kebenaran mengenai unggahan tersebut adalah poster film yang akan dirilis adalah tidak benar. Unggahan ini menjadi viral lantaran banyak warganet yang meng-tag produser di kolom kementar akun @malikzabd. Sebagian akun-akun besar pun ikut mengunggah ulang poster tersebut.

@malikzabd mengakui jika poster tersebut adalah editannya. Selain itu, dikutip dari Cek Fakta, diketahui tidak ditemukan informasi valid terkait kebenaran poster film Penantian Panjang. Hingga saat ini tidak ada satupun production house film/film maker yang mempublikasikan tentang adanya film tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Joko Pinurbo di Mata Tetangga, Low Profile dan Aktif Jadi Pengurus RT

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement