CEK FAKTA: Beredar Video Pegowes Meninggal di Banguntapan, Ini Faktanya

Tangkapan layar unggahan pesepeda meninggal dunia. - Twitter
27 Agustus 2020 13:27 WIB Sunartono & Jumali Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video pegowes meninggal dunia di pinggir jalan dengan menggunakan sepeda bermerk Strada beredar luas di media sosial, Kamis (27/8/2020) pagi. Beredar video tersebut dinarasikan seolah terjadi di wilayah Ring Road Timur Banguntapan, Bantul.

“Ada yang kenal? Ringroad Timur banguntapan Jogja,” cuit akun @muhamma75997578 dengan melampirkan video pegowes meninggal dunia, Kamis.

Selain di media sosial, video tersebut juga sempat beredar melalui Whatsapp warga di wilayah Banguntapan. “Tadi ada yang memberi video itu juga, tetapi setelah dikonfirmasi ternyata hoaks,” kata salah satu warga Banguntapan, Bantul yang enggan disebut namanya.

Baca juga: CEK FAKTA: Nyawa Presiden Jokowi Terancam saat Upacara HUT RI?

Saat diminta konfirmasi Kapolsek Banguntapan Kompol Zaenal Supriyatna memastikan tidak ada peristiwa pegowes meninggal dunia seperti yang beredar di medsos. “Tidak ada laporan terkait insiden tersebut,” katanya sata dikonfirmasi Harianjogja.com.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kanit Laka Polres Bantul Ipda Maryana. Ia memastikan beredar kabar ada pegowes meninggal dunia di wilayah Banguntapan adalah hoaks.

Baca juga: Pernyataan CDC AS Bahwa OTG Tak Perlu Jalani Uji Corona Menuai Protes

“Tidak benar ada pegowes meninggal atau pun insiden yang melibatkan pegowes di Banguntapan,” katanya.

Video pegowes yang meninggal dunia tersebut diketahui bernama Eko Budi Sutomo, 53, warga Perumahan Cilegon Indah, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. Adapun kejadian meninggalnya asaat gowes di Jalan Raya serang – Cilegon, Kampung Ranca Talas, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten pada Sabtu (22/8/2020).