Advertisement

CEK FAKTA: Nyawa Presiden Jokowi Terancam saat Upacara HUT RI?

Newswire
Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Nyawa Presiden Jokowi Terancam saat Upacara HUT RI? Hoaks nyawa Presiden Joko Widodo terancam karena ada sepucuk senjata mengarah ke perutnya saat memimpin upacara HUT RI 17 Agustus 2020. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah akun Facebook bernama Tokoh Nasional Indonesia mengunggah foto Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (22/8/2020) lalu. Dalam foto terlihat Presiden Jokowi sedang memimpin upacara HUT RI pada 17 Agustus yang saat itu mengenakan pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Dari caption foto akun Facebook tersebut, dikatakan bahwa di depan presiden terdapat benda yang diklaim sebagai senjata yang mengarah padanya.

Advertisement

Begini caption atau keterangan gambar berjudul NYAWA PRESIDEN JOKOWI TERANCAM yang diunggah akun Tokoh Nasional Indonesia tersebut. 

Saat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020 kemarin, sepucuk moncong senjata mengarah ke perut beliau. Untung senjata tersebut tidak sempat menyalak atau mendadak macet, akibat kesaktian Jokowi. Begitu kata sumber yang tidak mau disebut jatidirinya.

Masih diusut siapa yang memasang benda tersebut!

Baca Juga: 

Namun berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id yang dilansir Harianjogja.com, anggapan ada sepucuk senjata mengarah ke perut Presiden Jokowi adalah salah. 

Berdasarkan pencarian gambar di Google Search Image, foto tersebut dimuat pada laman www.presidenri.go.id yang menampilkan baju-baju yang dipakai presiden beserta jajarannya. Seperti narasi yang terlampir di laman tersebut.

“Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo pada saat memimpin upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak mengenakan busana nasional dan sejumlah pejabat yang hadir dan bertugas dalam rangkaian upacara juga mengenakan busana adat yang berbeda-beda. Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengenakan busana adat Teluk Belangga dari Kepulauan Riau.”

Ada pun benda yang diklaim senjata tersebut merupakan ujung mimbar yang nampak moncong ke arah presiden. Sehingga klaim bahwa presiden terancam adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement