Advertisement

Anies Baswedan Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Cek Faktanya

Newswire
Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Anies Baswedan Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Cek Faktanya Unggahan video hoaks yang menyatakan Anies Baswedan jadi Menkominfo pada 8 Juni. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul. / Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kasus dugaan korupsi tower BTS 4G yang melibatkan mantan Menteri Kominfo, Johnny G Plate akan memasuki proses persidangan.

Pada 19 Mei lalu, Presiden juga telah menetapkan Mahfud MD sebagai Plt Menkominfo.

Advertisement

Sebuah unggahan video di Facebook menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah menunjuk mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan sebagai Menkominfo sebagai pengganti Johnny G. Plate.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “GEGER HARI INI ! LANTIK ANIES BASWEDAN GANTIKAN POSISI JHONNY G PLATE COCOK BENARKAH?”

Namun, benarkah bahwa Jokowi menunjuk Anies Baswedan sebagai Menkominfo pada 8 Juni?

Berdasarkan penelusuran, dalam unggahan video berdurasi 13 menit tersebut, tidak ada informasi terkait Anies Baswedan akan menjadi Menkominfo. Narator dalam video tersebut membacakan berita KompasTV yang berjudul “Nasdem: Pengganti Menkominfo Terserah Presiden Jokowi, Kita Tak Pernah Cawe-cawe”.

Dalam berita tersebut Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari mengatakan, pihaknya tak pernah merecoki ihwal pergantian jabatan Menkominfo sejak Johnny G Plate ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Menurut dia, itu merupakan hak prerogatif seorang Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga tak elok bila pihaknya melakukan cawe-cawe.

BACA JUGA: Jalan Baru Kelok 18 Bantul-Gunungkidul Belum Bisa Dibangun, Masih Tunggu Utang IDB

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan penetapan Menkominfo definitif akan diumumkan Presiden Joko Widodo.

"Mengenai Menkominfo yang definitif, tunggu saja pengumuman dari Presiden, nanti Presiden yang akan (umumkan). Informasinya masih di tangan Presiden," kata Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Pesiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 pada 19 Mei 2023. Selain itu, Wapres tidak menjelaskan soal rencana reshuflle [perombakan] kabinet.

"Tunggu saja, reshuffle itu kan hak prerogatif Presiden," ungkap Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkab Bantul Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Irak di Lapangan Paseban Nanti Malam

Bantul
| Kamis, 02 Mei 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Aghniny Haque Tertantang Perankan Dua Karakter di Film Barunya Tuhan, Izinkan Aku Berdosa

Hiburan
| Rabu, 01 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement