Benarkah Pakai Masker Dapat Menyebabkan Infeksi Jamur Paru-paru?

Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis. - Reuters/Luke MacGregor
24 Juli 2020 09:47 WIB Mia Chitra Dinisari Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Informasi yang menyebut bahwa memakai masker dapat menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru beredar luas di media sosial. 

Menurut Kominfo, klaim itu keliru. Dikutip dari Factcheck.afp.com, seorang ahli epidemiologi mengatakan mengenakan masker wajah tidak akan menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru atau membahayakan kesehatan manusia jika ditangani dengan benar.

Selain itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mengenakan masker wajah untuk waktu yang lama tetap aman selagi pemakai secara teratur mengganti atau mencuci masker mereka.

Dikutip dari alodokter.com, infeksi jamur atau Aspergillosis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur Aspergillus. Penyakit ini umumnya memengaruhi sistem pernapasan, juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti kulit, mata, atau otak.

Jamur Aspergillus hidup di tanah, pohon, padi, daun kering, kompos, pendingin dan pemanas ruangan, atau tempat yang lembab. Infeksi jamur Aspergillus lebih sering terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah.

Aspergillosis disebabkan oleh jamur Aspergillus yang terhirup ke dalam saluran pernapasan. Aspergillosis paling sering disebabkan oleh Aspergillus fumigatus.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia