Advertisement

Benarkah Pakai Masker Dapat Menyebabkan Infeksi Jamur Paru-paru?

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 24 Juli 2020 - 09:47 WIB
Budi Cahyana
Benarkah Pakai Masker Dapat Menyebabkan Infeksi Jamur Paru-paru? Foto rontgen sinar-X menunjukkan paru-paru yang terinfeksi tuberkulosis. - Reuters/Luke MacGregor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Informasi yang menyebut bahwa memakai masker dapat menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru beredar luas di media sosial. 

Menurut Kominfo, klaim itu keliru. Dikutip dari Factcheck.afp.com, seorang ahli epidemiologi mengatakan mengenakan masker wajah tidak akan menyebabkan infeksi jamur pada paru-paru atau membahayakan kesehatan manusia jika ditangani dengan benar.

Advertisement

Selain itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mengenakan masker wajah untuk waktu yang lama tetap aman selagi pemakai secara teratur mengganti atau mencuci masker mereka.

Dikutip dari alodokter.com, infeksi jamur atau Aspergillosis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur Aspergillus. Penyakit ini umumnya memengaruhi sistem pernapasan, juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti kulit, mata, atau otak.

Jamur Aspergillus hidup di tanah, pohon, padi, daun kering, kompos, pendingin dan pemanas ruangan, atau tempat yang lembab. Infeksi jamur Aspergillus lebih sering terjadi pada orang dengan sistem imun yang lemah.

Aspergillosis disebabkan oleh jamur Aspergillus yang terhirup ke dalam saluran pernapasan. Aspergillosis paling sering disebabkan oleh Aspergillus fumigatus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement