Advertisement

Jaringan Internet Indonesia Bakal Diputus 1 Desember, Ini Faktanya

Newswire
Rabu, 29 November 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Jaringan Internet Indonesia Bakal Diputus 1 Desember, Ini Faktanya Tangkapan layar narasi berisi hoaks yang menyatakan jaringan internet di Indonesia diputus per 1 Desember. ist - Tiktok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAJaringan Internet di Indonesia disebut akan dimatikan mulai 1 Desember 2023. Kabar ini diunggah di platform media sosial Tiktok yang menyatakan jaringan internet di Indonesia tidak dapat diakses lagi mulai 1 Desember 2023.

Alasannya, karena Amerika Serikat akan memutus jaringan satelit ke Indonesia pada tanggal tersebut. Masyarakat selanjutnya tidak bisa lagi menggunakan layanan Google, Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga YouTube.

Advertisement

"TINGGAL MENGHITUNG HARI MULAI 1 DESEMBER 2023 AKAN DI PUTUSKAN JARINGAN KE INDONESIA," demikian isi sebagian besar narasi di akun TikTok yang menyebarkan kabar tersebut.

Para pengguna layanan hosting video asal China itu pun membanjiri kolom komentar, untuk mempertanyakan kebenaran informasi tersebut.

Lantas, benarkah jaringan internet di Indonesia diputus per 1 Desember? Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong telah membantah kabar tersebut.

Usman Kansong, melansir laman resmi Kominfo, mengatakan meski satelit luar negeri memutus atau bahkan membatasi aksesnya, Indonesia nyatanya juga memiliki satelit sendiri.

BACA JUGA: Marak Parkir Ilegal di Jogja, Dishub: Jangan Bayar kalau Tak Ada Karcis!

Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud juga mengulas satelit baru Indonesia, yakni Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1), yang digunakan Pemerintah Indonesia untuk memperkuat jaringan internet dan layanan digital di 150 ribu titik terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Kehadiran SATRIA-1 dapat mendukung kegiatan sekolah dan pesantren, percepatan layanan publik di kantor pemerintahan daerah, data puskesmas dan rumah sakit daerah, serta membantu pengawasan wilayah oleh TNI dan Polri.

Direncanakan pada minggu keempat Desember 2023, SATRIA-1 akan siap beroperasi (ready for service) dan terhubung dengan stasiun bumi serta siap untuk dihubungkan dengan Remote Terminal Ground Segment (RTGS) di lokasi layanan publik. Dengan demikian kabar Internet di Indonesia bakal diputus pada 1 Desember adalah kabar bohong alias hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemda Ajak Kadin DIY Menekan Kemiskinan Ekstrem

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lengkap Lagu "Tak Selalu Memiliki" Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Hiburan
| Jum'at, 03 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement