Positif Covid Disebabkan Kekurangan Vitamin Bukan Karena Virus, Benarkah?

Hoaks covid/19
18 April 2021 12:17 WIB Mia Chitra Dinisari Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Beredar unggahan di media sosial yang mengatakan bahwa COVID-19 bukan disebabkan virus, melainkan karena kekurangan vitamin C, vitamin B serta zinc.

Narasi tersebut juga melarang orang untuk melakukan uji swab PCR dan GeNose sebagai alat deteksi virus yang menipu dan tidak bisa memberikan hasil akurat.

Faktanya informasi ini tidak benar. Demikian dikutip dari laman resmi covid.go.id.

BACA JUGA : Ini Rekomendasi Vitamin dari Dokter untuk Pasien Covid-19

Melansir dari situs resmi WHO, COVID-19 disebabkan oleh virus corona varian baru bernama SARS-Cov-2. Kekurangan vitamin C, B dan Zinc berpengaruh pada tingkat kekebalan serta sistem metabolisme tubuh, namun tidak menjadikannya sebagai penyebab seseorang terpapar COVID-19.

Sedangkan untuk memastikan infeksi COVID-19 perlu dilakukan uji swab antigen atau PCR. Melansir dari WHO, hal ini perlu dilakukan untuk melacak apakah terdapat virus dalam tubuh seseorang, yang berpotensi untuk menular kepada orang-orang yang berada di sekitarnya.

BACA JUGA : Tertular Pasien Positif, 10 Nakes di Sleman Terinfeksi Corona

"Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting," tulis imbauan mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia