CEK FAKTA: Benarkah Wapres Ma'ruf Amin Anak K-Pop Drakor?

Hoaks Wakil Presiden anak k-pop drakor. - turnbackhoax.id
25 September 2020 18:07 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Akun Facebook Jokbui mengunggah status di grup Facebook ‘WAJAH SIDIMPUAN’ berupa foto Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Foto tersebut disertai narasi “ANAK K-POP DRAKOR”.

Foto tersebut juga mencantumkan tangkapan layar pemberitaan media dengan judul “Ma’ruf Amin Harap K-Pop Jadi Insprirasi Anak Muda Indonesia Berkreasi.”

Dari hasil penelusuran foto tersebut telah diperiksa kebenarannya oleh turnbackhoax.id dengan artikel berjudul ‘[SALAH] “Dibuang Sajaa”’ yang tayang tanggal 19/5/2019 dan pada artikel berjudul ‘[SALAH] “Info orang hilang Ciri2 wapres”’ tanggal 30/1/2020 lalu. Dari kedua artikel tersebut diketahui foto asli berasal dari unggahan akun Instagram bernama ‘Jannik’ (@jaadiee) pada tanggal 09/1/2019. Foto tersebut telah melalui proses penyuntingan pada bagian wajahnya dengan diganti wajah Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Hotman Paris Mau Somasi Seorang Perempuan Gara-Gara Dibilang Tidak Ganteng

Sementara narasi yang menyebut Ma’ruf Amin ‘Anak K-Pop Drakor’ berasal dari video pernyataan beliau yang mengharapkan tren K-Pop menjadi inspirasi anak muda Indonesia dalam berkreasi seperti pada tangkapan layar pemberitaan detik.com yang dicantumkan dalam gambar.

Video tersebut diambil pada peringatan 100 Tahun Kedatangan Orang Korea di Indonesia, Minggu (20/9/2020). Pada pemberitaan tersebut dituliskan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai tren K-Pop dan Drama Korea yang menjamur jadi potensi dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia ke kancah internasional.

Baca Juga: Selain Menghibur, Bermain Games Juga Memiliki Manfaat

“Maraknya budaya K-pop diharapkan juga dapat menginspirasi kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Ma’ruf.

Beliau pun berharap hubungan dua negara semakin memberi manfaat bagi kedua warga negara tersebut. Dari hasil penelusuran tidak terdapat keterangan yang menyebutkan Ma’ruf Amin menggemari tren K-Pop. Dari penelusuran di atas status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Sumber : turnbackhoax.id