CEK FAKTA: Beredar Foto Penemuan Situs Peninggalan Prasejarah di Masa Firaun. Ini Faktanya...

Hoax foto penemuan situs peninggalan prasejarah di masa Firaun. - turnbackhoax.id
14 September 2020 18:57 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah postingan dari akun Facebook Musonep Sonep menunjukkan adanya foto berisikan narasi bahwa telah ditemukan situs peninggalan prasejarah dimasa Raja Firaun. 

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melakukan reverse search dari gambar yang digunakan menuju kesebuah artikel berita kumparan.com berjudul “Ironi Kuburan Ratusan Bus Transjakarta” yang dipublikasikan pada 7 September 2019. Pada artikel tersebut dijelaskan sekitar 400 bus TransJakarta dengan kondisi tidak terawat di sebuah lahan kosong di dekat Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pengadaan bus TransJakarta yang sempat bermasalah dikarenakan adanya masalah korupsi pengadaan bus oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada tahun 2013 sedangkan pemerintahan provinsi DKI Jakarta sudah membayar uang muka sebesar kurang lebih 110 miliar rupiah. Pada masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta menagih uang muka yang telah dibayarkan kepada perusahaan penyedia bus TransJakarta yaitu PT INKA (Industri Kereta Api).

BPK merekomendasikan uang muka tersebut dikembalikan kepada Pemprov DKI Jakarta karena perjanjian pengadaan dengan penyedia bus telah dinyatakan batal secara hokum.

Melihat dari penjelasan tersebut, foto “Telah ditemukan situs peninggalan PRASEJARAH dimasa Raja Firaun” adalah tidak benar dan termasuk dalam Satire/Parodi.

Sumber : turnbackhoax.id