Advertisement

CEK FAKTA: Ini 3 Mitos Penularan Virus Corona

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 September 2020 - 05:47 WIB
Budi Cahyana
CEK FAKTA: Ini 3 Mitos Penularan Virus Corona Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mitos seputar penularan virus Corona terus berkembang di masyarakat.

Menurut Sylvie Briand, Direktur Penyakit Pandemi dan Epidemik di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), informasi yang salah adalah fenomena jamak selama pandemi.

Advertisement

“Ada infodemik yaitu informasi yang melimpah, baik atau buruk, namun hal itu membuat orang sulit membedakan mana informasi yang baik dari informasi yang buruk atau informasi yang tidak berguna dan kemudian orang merasa bingung dan terkadang hal itu meningkatkan ketakutan dan kecemasan mereka. penyakit," katanya pada episode Science in 5 WHO dikutip dari GMA news.

Untuk memerangi kesalahan informasi, sia memecahkan beberapa mitos yang mungkin membuat kita percaya akan hoax tersebut.

1. Cuaca menentukan penularan Covid-19

FAKTA: Cuaca tidak mempengaruhi penularan Covid-19 secara signifikan.

Menurut Briand, wabah telah terjadi baik di iklim panas maupun dingin, yang menunjukkan bahwa cuaca tidak memengaruhi penularan Covid-19 secara signifikan.

Dia mengklarifikasi, bagaimanapun, bahwa ada pengaturan khusus yang dapat mempengaruhi penularan penyakit, seperti tinggal di tempat keramaian.

“Misalnya jika Anda lama berada di tempat yang padat dan tertutup dengan ventilasi terbatas, maka risiko penularan Covid-19 lebih besar,” katanya.

“Dan terkadang inilah yang terjadi di musim dingin karena di luar dingin, orang cenderung tinggal di dalam tempat yang berventilasi buruk, tertutup, dan terkadang ramai.”

2. Air bisa menularkan Covid-19

FAKTA: Air tidak dapat menyebarkan COVID-19.

Briand menegaskan  bahwa air tidak dapat menularkan virus.

“Minum tidak menularkan Covid-19 dan jika Anda berenang di kolam renang atau di kolam Anda tidak bisa tertular Covid-19 melalui air,” jelasnya.

Namun, Briand mengatakan jika Anda berenang di tempat yang ramai dan dekat dengan orang lain, terutama dengan seseorang yang terinfeksi, Anda juga dapat tertular penyakit tersebut.

“Jadi itu sebabnya bahkan di kolam renang penting untuk menjaga jarak fisik,” katanya.

3. Nyamuk menularkan Covid-19.

Fakta : Meskipun nyamuk dapat menularkan penyakit seperti zika, chikungunya, demam kuning, atau demam berdarah, COVID-19 tidak termasuk di antaranya, kata Briand.

“Covid-19 tidak bisa ditularkan melalui nyamuk,” katanya.

Banyak informasi yang salah terus disebarkan secara online sehingga Briand merekomendasikan untuk melihat sumber terpercaya dan berhati-hati dengan apa yang kami bagikan di media sosial.

“Ketika Anda memiliki informasi yang Anda kurang yakin, mohon verifikasi sebelum menyebarkannya dan seperti itu kami semua akan menjadi pengelola infodemik dan kami akan mengurangi penyebaran misinformasi dan disinformasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement