CEK FAKTA: Benarkah Rizieq Shihab Bersumpah Tidak Akan Kembali ke Indonesia Seumur Hidup?

Cek Fakta benarkah Rizieq Shihab bersumpak tidak akan kembali ke Indonesia? - Ist/Turnbackhoax.id
03 September 2020 01:17 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Warganet di media sosial Facebook dihebohkan dengan sebuah unggahan tentang Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. Warganet itu menanyakan perihal kebenaran kabar yang menyebut Rizieq Shihab tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup.

Akun Facebook Tokoh Nasional Indonesia itu menyematkan sebuah poster bergambar Rizieq Shihab. Poster itu berisi narasi sebagai berikut:

"INGAT ...!

SAYA BERSUMPAH..! TDK AKAN MASUK KE INDONESIA SEUMUR HIDUP SAYA ..!"

Sementara itu, pemilik akun tersebut menuliskan status berikut:

"BENAR NGGAK SIH UCAPAN HABIBANA YANG MULIA RIZIEQ INI?"

Baca juga: Terungkap 2 Korban Diminta Transfer Uang oleh Pelaku Pembajakan WA Bupati Karanganyar

Lantas benarkah Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumur hidup?

Penjelasan

Berdasarkan penjelasan Turnbackhoax.id, klaim tentang Rizieq Shihab bersumpah tidak akan masuk ke Indonesia seumurh hidup adalah klaim yang salah.

Tidak ada informasi valid yang menyebut bahwa Rizieq Shihab tidak akan kembali ke Indonesia. Sebaliknya, baru-baru ini Rizieq secara tersirat kembali menginginkan pulang ke Indonesia.

Baca juga: 751 Tangki Air Bersih Didistribusikan di Wilayah Terdampak Kekeringan

Dinukil dari saluran Youtube Hendri Official yang tayang bulan lalu, Habib Rizieq yang duduk di antara dua pemuka agama Islam mengatakan selama tinggal di Arab Saudi, dia mendapat sejumlah fasilitas terkait peribadahan serta bisa bepergian ke manapun yang dia mau.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Saudi, jazakumullah karena selama tiga tahun tahun saya di sini, mereka tak pernah mengganggu saya, mereka memperlakukan saya dengan baik, mereka menghormati kita, menghargai hak-hak kita,” ujarnya, dikutip Selasa 1 September 2020.

Kendati hidup nyaman lantaran mendapat sejumlah kemudahan dari pemerintah Arab, namun Habib Rizieq tetap berharap bisa pulang ke Indonesia. Hingga kini, segala hal terus pihaknya upayakan supaya prosesnya bisa berjalan lebih cepat.

“Saya di sini coba jalankan prosesnya. Kan kalau mau pulang, enggak bisa pulang begitu saja. Harus ada surat yang saya urus dulu. Nah, sekarang kita coba jalanin prosesnya. Paling tidak sekarang sudah ada green light, lampu hijau. Jadi kalau pencekalan itu dicabut, saya langsung pulang, saudara,” kata dia.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan Rizieq Shihab bersumpah tidak akan kembali ke Indonesia seumur hidup adalah klaim yang salah.

Poster tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan dan terindikasi sebagai berita hoaks.

Sumber : Suara.com