CEK FAKTA: Benarkah Ada ASN Pria Pakai Gamis Korpri dan Celana Cingkrang?

Viral foto pria ASN berbaju korpri panjang seperti gamis. - Twitter via Suara.com
18 Juli 2020 14:37 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Belakangan, foto aparatur sipil negara (ASN) mengenakan seragam Korpri dengan model gamis serta celana cingkrang vital dan menjadi pembahasan publik di Twitter. Namun, foto tersebut dinilai hasil editan karena tak jelas di mana ASN “bergamis” itu berada.

Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan foto itu pernah muncul tiga tahun yang lalu.

“Foto tersebut pernah keluar 2017,” kata Tjahjo saat dihubungi suara.com, jaringan harianjogja.com, Sabtu (18/7/2020).

Ia menegaskan foto tersebut merupakan hasil editan, apalagi sampai ini belum ada kementerian ataupun lembaga yang menjelaskan model seragam Korpri gamis itu.

“Belum ada laporan dari kementrian, lembaga, pemda. Itu foto editan. Belum jelas dari siapa, dari mana,” kata Menpan RB.

Sebelumnya, media sosial dibuat heboh dengan beredarnya foto ASN pria mengenakan seragam Korpri gamis yang panjangnya selutut. Dalam foto tersebut, pria itu berdiri mengenakan kopiah mengenakan seragam Korpri gamis dan celana cingkrang.

Di sekitar pria itu tampak ASN pria lainnya yang juga mengenakan seragam Korpri. Foto ASN berbaju korpri panjang itu tak ada dalam penelusuran reverse image search di beberapa situs pencarian mulai dari Google, Yandex, dan Bing.

Sumber : suara.com