CEK FAKTA: Beredar Poster 3 Sekolah di DIY Masuk 10 Terbaik di Indonesia, Ini Kata Disdikpora DIY

Poster yang berisi daftar sepuluh sekolah menengah atas (SMA) negeri reguler terbaik di Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020. - Ist
16 Juli 2020 05:17 WIB Lajeng Padmaratri Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Beberapa waktu lalu, beredar sebuah poster yang berisi daftar sepuluh sekolah menengah atas (SMA) negeri reguler terbaik di Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2020.

Dalam informasi itu disebutkan ada tiga SMA di DIY yang termasuk di dalam daftar, yaitu SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan SMA Negeri 8 Yogyakarta. Sementara, enam sekolah lain ditulis berlokasi di Jakarta dan satu sekolah di Jawa Timur.

Baca juga: Siap-Siap, DIY Berpotensi Kekeringan Meteorologis Kategori Siaga, Ini Dampaknya

Tak hanya itu, daftar tersebut juga menyebutkan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) yang diperoleh kesepuluh sekolah tersebut. Dalam foto yang beredar, SMAN 3 Yogyakarta dituliskan sebagai sekolah dengan rata-rata nilai UN tertinggi di DIY yakni 86,31.

Harian Jogja mengonfirmasi kebenaran poster tersebut kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengaku belum pernah mendapatkan informasi soal poster tersebut.

Ia juga menegaskan jika tahun 2020 tidak ada pelaksanaan UN sehingga ia meragukan kebenaran poster tersebut. "Tahun 2020 tidak ada UN, saya nggak yakin [sumbernya]," ungkap Didik pada Rabu (15/7/2020).