Advertisement

Cek Fakta, Beredar Video Jusuf Kalla Ingatkan Anies untuk Bayar Utang pada PKS

Media Digital
Sabtu, 17 Februari 2024 - 17:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Cek Fakta, Beredar Video Jusuf Kalla Ingatkan Anies untuk Bayar Utang pada PKS Tangkapan layar video Jusuf Kalla mengingatkan Anies untuk membayar utang kepada PKS di X. Begini faktanya.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Beredar sebuah postingan video oleh akun X (dulu Twitter) @tekarok007 pada 16 Februari 2024. Video tersebut memperlihatkan pidato Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla tengah berpidato dalam sebuah acara yang dihadiri elite partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Anies Baswedan.

Narasi yang tertulis di dalam video tersebut adalah Jusuf Kalla mengingatkan Anies untuk membayar utang kepada PKS. Dalam video berdurasi 24 detik tersebut tampak Jusuf Kalla berpidato.

Advertisement

BACA JUGA: Mahfud Md: MK Pernah Batalkan Hasil Pemilu Curang

Pengunggah video tersebut memberi narasi terkait video tersebut:

“Ini pilpres udah kelar, Anies kalah telak, kira2 Anies bayar utang ke PKS bagaimana yah?”

Adapun yang Jusuf Kalla sampaikan dalam video di unggahan X tersebut ialah:

“Berutang gampang, tapi yang susah membayar utang. Dan Anies, Anda berutang sama PKS. Anda dipilih pertama jadi gubernur oleh PKS dan Gerindra, Anda harus selesaikan masalah ini. Begitulah utangnya mau dibayar.”

Dalam unggahan tersebut, pengunggah menyoroti adanya ucapan Jusuf Kalla yang mengingatkan utang dari Anies Baswedan kepada PKS dan Gerindra. Namun, benarkah Jusuf Kalla pernah mengingatkan utang dari Anies Baswedan kepada PKS dan Gerindra?

Penelusuran

Tim cek fakta Harianjogja.com melakukan penelusuran terhadap kebenaran video tersebut. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "Anies utang PKS Jusuf Kalla" di kolom pencarian Google Search.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut adalah potongan rekaman video dari acara Puncak Milad ke-21 PKS yang dihelat di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (20/5/2023) yang diunggah Kompas TV ke kanal YouTube pada 22 Mei 2023. Dalam acara tersebut, Jusuf Kalla hadir dan memberi pidato ditujukan untuk Anies Baswedan yang mencalonkan diri jadi calon presiden Pemilu 2024 dengan diusung PKS.

Video asli dari Kompas TV pada unggahan YouTube berdurasi 2 menit 42 detik. Adapun dalam video Kompas TV, isi pidato Jusuf Kalla yang sebenarnya adalah sebagai berikut:

“Anies, adinda, 5 tahun ke depan bukan tempat yang nyaman untuk mengurus negeri ini. Tetapi kalau bisa diselesaikan, merupakan heroes dan pahlawan kemanusiaan, kemajuan.

Berutang gampang, tapi yang susah membayar hutang.

Kita diwariskan untuk membayar utang. Tapi pahlawan yang sebenarnya adalah dia yang menyelesaikan persoalan. Pemberani yang sebenarnya dia yang berani untuk tampil menyelesaikan persoalan. Itulah harapan kita semua.

Marilah kita bicara ke PKS sebagaimana partai islam. Jadi bukan hak di samping berbicara secara nasional, harus berbicara keumatan.

Dan Anies anda berutang sama PKS. Anda dipilih pertama jadi gubernur oleh PKS dan Gerindra. Sekarang didukung lagi oleh PKS. Anda berutang banyak. Dan utang itu dibayar bukan dengan uang. Tapi kalau Anda yang berhasil, Anda harus selesaikan masalah ini. Itulah hutangnya harus dibayar ke PKS dan seluruh rakyat.”

Kesimpulan:

Video Jusuf Kalla mengingatkan Anies untuk membayar utang kepada PKS adalah konten yang dimanipulasi. Video yang diunggah akun X @tekarook007 merupakan hasil potongan video yang menghilangkan konteks video sebenarnya.

Referensi:

https://youtu.be/EDE4UY_e290?si=H-XA7eLczjbnuzRw 

https://nasional.kompas.com/read/2023/05/20/21442411/jusuf-kalla-anies-5-tahun-ke-depan-bukan-tempat-yang-nyaman 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Arus Balik, Penumpang di Terminal Jombor Lebih Membeludak ketimbang Saat Mudik

Sleman
| Senin, 15 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Taylor Swift Dikabarkan Tolak Tawaran Rp145 Miliar untuk Manggung di UEA

Hiburan
| Sabtu, 13 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement