Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Ribuan Mobil Ini Hangus karena Ledakan di Beirut?

Newswire
Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Ribuan Mobil Ini Hangus karena Ledakan di Beirut? Hoaks foto ribuan mobil hangus karena ledakan di Beirut. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Beredar foto di media sosial yang menggambarkan ribuan mobil hangus terbakar. Foto tersebut diunggah akun Fadlan Akbar dengan narasi yang menyebutkan mobil impor hangus terbakar di Pelabuhan Beirut pada 6 Agustus 2020.

Unggahan tersebut telah mendapatkan respon sebanyak 214 reaksi, 11 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 216 kali.

Advertisement

Dilansir dari turnbackhoax.id, foto hangusnya ribuan mobil seperti yang diklaim pada narasi unggahan tersebut bukan diakibatkan oleh ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020, melainkan foto mobil-mobil baru yang terbakar saat terjadi ledakan besar di pelabuhan Kota Tianjin, China pada 13 Agustus 2015.

Foto tersebut pernah dimuat dalam artikel BBC yang berjudul “Tianjin blast: Images reveal extent of devastation” yang terbit pada 13 Agustus 2015. BBC memberikan keterangan bahwa foto tersebut bersumber dari Associated Press (AP).

Dikutip dari AP, foto tersebut diambil oleh fotografer AP Photo bernama Ng Han Guan pada 13 Agustus 2015. AP memberikan keterangan pada foto tersebut dengan narasi sebagai berikut.

“Asap mengepul dari lokasi ledakan yang mengurangi tempat parkir yang dipenuhi dengan mobil baru menjadi sisa-sisa hangus di gudang di kota Tianjin, Tiongkok timur laut, Kamis, 13 Agustus 2015. Ledakan besar di distrik gudang mengirimkan bola api besar yang mengubah langit malam hari di kota pelabuhan Cina Tianjin, pejabat dan saksi mengatakan Kamis.”

Sebagai tambahan, menurut informasi dari South China Morning Post (SCMP), ledakan yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia itu terjadi di gudang kimia yang dijalankan oleh perusahaan Tianjin Ruihan International Logistics. Ledakan tersebut mengakibatkan 165 orang tewas, lebih dari 800 orang terluka, hancurnya ratusan bangunan dan ribuan kendaraan termasuk kontainer, serta kerugian sebesar 6,87 miliar Yuan.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Fadlan Akbar tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context. Hal ini dikarenakan foto asli yang digunakan dalam unggahan tersebut adalah foto yang diambil saat peristiwa ledakan di Tianjin, China pada 13 Agustus 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement