Advertisement

Hoaks Debat Capres-Cawapres Ditiadakan, Ini Faktanya

Newswire
Minggu, 03 Desember 2023 - 18:37 WIB
Maya Herawati
Hoaks Debat Capres-Cawapres Ditiadakan, Ini Faktanya Unggahan hoaks yang menarasikan debat cawapres pemilu 2024 ditiadakan. Faktanya, debat cawapres pemilu 2024 tetap diadakan. / Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Santer beredar kabar agenda debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ditiadakan. Kabar ini salah satunya seperti dalam sebuah unggahan Facebook yang diunggah pada 3 Desember menarasikan bahwa debat cawapres ditiadakan.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan rakyat dipaksa tidak bisa memilih yang terbaik jika debat cawapres ditiadakan. Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “Debat Cawapres ditiadakan, rakyat dipaksa beli kucing dalam karungn tidak bisa pilih yang terbaik”

Advertisement

BACA JUGA: Tak Kantongi Izin Kepolisian, Empat Agenda Kampanye di Jogja Batal

Namun, benarkah debat cawapres ditiadakan di Pemilu 2024?

Berdasarkan penelusuran, KPU menegaskan pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan dengan merujuk pada UU Pemilu. Debat Pilpres 2024 dilakukan sebanyak tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden.

Anggota KPU Idham Holik mengatakan akan menyampaikan kepada tim kampanye untuk menghadirkan semua paslon dalam setiap sesi debat. Idham mengatakan hal tersebut tidak melanggar perundang-undangan. Dengan demikian, unggahan yang menarasikan debat cawapres di pilpres merupakan keliru alias hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemda Ajak Kadin DIY Menekan Kemiskinan Ekstrem

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lengkap Lagu "Tak Selalu Memiliki" Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Hiburan
| Jum'at, 03 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement