CEK FAKTA: Benarkah Politis PDIP Dewi Tanjung Meninggal Dunia?

Tangkapan layar hoaks Dewi Tanjung meninggal dunia. - turnbackhoax.id
04 September 2020 17:07 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Belum lama ini, akun Facebook bernama Adi mengunggah status pada tanggal 1 September 2020 di grup facebook ‘MANUSIA MERDEKA’ berupa sebuah gambar dengan narasi yang mengatakan Dewi Tanjung politisi partai PDIP meninggal dunia.

Dari hasil penelusuran, gambar tersebut merupakan layar tangkap dari video berjudul ‘BERITA TERKINI~ ALHAMDULILLAH!! AHIRNYA DEWI TANJUNG MEE.NING.GAL DUNIA |VIRAL HARI INI NEWS TERBARU’ yang diunggah pada kanal youtube OFFICIAL NEWS UPDATE pada tanggal 1 September 2020.

Dalam video tersebut dijelaskan terdapat kabar yang beredar mengenai Dewi Tanjung meninggal. Namun tidak terdapat penjelasan mengenai apa, kapan dan dimana Dewi Tanjung meninggal dunia. Dari informasi yang terdapat di video diketahui kabar tersebut beredar pada tanggal 18 Februari 2020 di facebook dan telah di klarifikasi oleh medcom.id pada tanggal yang sama sebagai hoaks.

Melalui akun Twitternya (@DTanjung15) mengatakan, dirinya masih sehat dan menyebut bahwa kabar tersebut tidak benar.

"Ada akun YouTube sebarkan berita Bohong

Katanya Dewi Tanjung meninggal dunia

Alhamdulillah itu berarti mendoakan Nyai panjang umur

Kalo di biarin orang ini seenaknya menyebarkan informasi bohong

Nyai akan polisikan channel YouTube yg menginfokan berita bohong melalui jalur hukum” tulisnya pada 02 September 2020.

Lebih lanjut Dewi Tanjung mengatakan akan melaporkan pihak yang menyebarkan kabar tersebut karena menurutnya telah membuat resah pihak keluarga dan teman-temannya seperti dilansir dari laman inisiatifnews.com. Dari penelusuran di atas, kabar Dewi Tanjung meninggal dunia masuk kategori Konten Palsu.

Sumber : turnbackhoax.id