Advertisement

CEK FAKTA: Beredar Pengumuman Rekrutmen Pegawai, PT PLN (Persero) Tegaskan Hoaks

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 26 Juli 2020 - 18:07 WIB
Nina Atmasari
CEK FAKTA: Beredar Pengumuman Rekrutmen Pegawai, PT PLN (Persero) Tegaskan Hoaks Ilustrasi. - Ist/dok PLN

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Sebuah pengumuman rekrutmen pegawai PT PLN (Persero) beredar di media sosial.

Pengumuman itu berjudul Panggilan Tes Interview Rekrutmen Umum PT PLN (Persero). Isinya, berupa pengumuman daftar nama peserta rekrutmen yang berhasil lolos tahap seleksi berkas administrasi dan berhak untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Advertisement

Disebutkan pula jadwal pelaksanaan tes interview untuk hari Sabtu dan Minggu (25-26/7/2020) di kantor PLN Yogyakarta. Pengumuman itu juga menyebutka sejumlah ketentuan pelaksanaan tes.

Penjelasan

Berdasarkan hasil konfirmasi ke PT PLN (Persero), diperoleh penjelasan bahwa informasi rekrutmen tersebut badalah kabar bohong atau hoaks. Pernyataan ini dikeluarkan oleh Senior Manager Keuangan dan SDM PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II, Istiyadi.

Baca juga: Penumpang Kereta Jarak Jauh Jauh Bisa Rapid Test di Stasiun-Stasiun Ini, Tarifnya Rp85.000

"Info penerimaan pegawai yang dilakukan oleh PT PLN yang beredar luas di media sosial ini tidak benar. Ada info hoaks rekrutmen pegawai yang mencantumkan alamat unit kami PLN UIP Jawa Bagian Tengah II di Jl Mangkubumi Yogyakarta," jelas Istiyadi, Minggu (26/7/2020).

Dikarenakan informasi tentang penerimaan pegawai tersebut terus menyebar dan banyak masyarakat menjadi korban, pihak PLN membuat pengumuman jika informasi rerutmen tersebut adalah bohong.

"Itu adalah informasi hoaks dan sudah tersebar luas ke masyarakat. Kasihan masyarakat yang benar-benar sedang mencari kerja dan jauh-jauh datang ke kantor kami untuk mengonfirmasi kebenaran info itu atau bahkan beberapa datang sudah siap untuk mengikuti tes,” katanya.

Baca juga: Suhu Lebih Dingin, Muncul Embun Es di Dieng

Para korban mengaku mendapatkan info lowongan pekerjaan sebagai pegawai PLN ini dari media sosial dan diminta mengirimkan data diri melalui email untuk kemudian mentransferkan sejumlah dana ke suatu travel agency untuk akomodasi.

Istiyadi menegaskan bahwa beberapa waktu ini PLN sedang tidak ada rekrutmen pegawai. Adapun dalam proses rekrutmen PLN sebagai BUMN sudah menerapkan rekrutmen online seperti BUMN lainnya dan tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen pegawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement