Advertisement

Hoax! Prabowo Gagal Dilantik sebagai Presiden, Diganti Gibran

Newswire
Senin, 24 Juni 2024 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hoax! Prabowo Gagal Dilantik sebagai Presiden, Diganti Gibran Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan pers seusai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto gagal dilantik sehingga digantikan langsung oleh wakilnya yakni Gibran Rakabuming Raka pada 20 Juni 2024. Narasi tersebut diunggah di sebuah video di YouTube berdurasi 10 menit.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

Advertisement

“TEPAT MALAM INI PRABOWO GAGAL DILANTIK, GIBRAN AKAN AMBIL ALIH KURSI PRESIDEN DARI PRABOWO”

Namun, benarkah Prabowo gagal dilantik sehingga Gibran ambil alih jadi Presiden Indonesia?


Unggahan yang menarasikan Prabowo gagal dilantik sehingga Gibran jadi Presiden Indonesia. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada narasi Prabowo gagal dilantik, namun mengkritik buku berjudul “Gibran The Next Presiden” yang dikabarkan akan diterbitkan.

Narator juga hanya membacakan artikel Geloranews berjudul “Gibran Seolah Melangkahi Prabowo Sebagai Presiden Terpilih” yang menarasikan Pegiat media sosial Jhon Sitorus merasa Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka seolah melangkahi Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya buku 'Gibran The Next Presiden' sudah muncul penampakannya di media sosial (medsos) bahkan direncanakan diluncurkan dalam waktu dekat, padahal Prabowo Subianto saja belum dilantik.

Sebagai informasi, pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden 2024 dilakukan pada 20 Oktober 2024. Hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Prabowo gagal dilantik.

Klaim: Prabowo gagal dilantik, Gibran jadi Presiden Indonesia

Rating: Hoaks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sosialisasi Padat Karya Gunungkidul Dimulai Pekan Depan di Tiga Kapanewon

Gunungkidul
| Jum'at, 19 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Wulan Guritno Duel dengan Kimberly Ryder di Film Bangsal Isolasi

Hiburan
| Jum'at, 19 Juli 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement