Advertisement

Muncul Isu Pulau Tagulandang Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Ruang, Ini Faktanya Menurut Badan Geologi

Lukman Nur Hakim
Senin, 06 Mei 2024 - 09:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Muncul Isu Pulau Tagulandang Tenggelam Akibat Erupsi Gunung Ruang, Ini Faktanya Menurut Badan Geologi Letusan Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024). - Antara - BNPB

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Geologi Kementerian ESDM memberikan penjelasan soal adanya pulau yang tenggelam sebagai dampak dari erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara.

Berdasarkan kabar yang beredar, Pulau Tagulandang disebut lenyap karena erupsi Gunung Ruang. Masyarakat penduduk yang bermukim di pulau tersebut telah dibuat resah.

Advertisement

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai berita tersebut.

BACA JUGA: Mantan Bupati Bantul Suharsono Meninggal Dunia Lantaran Darah Tinggi

Dia menjelaskan Gunung Ruang mengalami rangkaian erupsi dengan level terbesar terjadi pada 17 April dan 30 April 2024. Setelah erupsi paroksismal 30 April, muncul berita yang menarasikan bahwa Pulau Tagulandang akan tenggelam akibat erupsi tersebut.

“Untuk itu perlu disampaikan bahwa berita ini adalah tidak benar [hoaks]," kata Wafid dikutip dari siaran pers, Minggu (5/5/2024).

Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental menunjukkan aktivitas Gunung Ruang pada 3 Mei 2024 hingga pukul 18.00 WITA masih merekam gempa letusan, gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, dan gempa tektonik jauh serta tremor menerus dengan energi relatif kecil.

Secara visual masih teramati asap kawah berwarna putih-kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi pada kisaran 100-300 m dari puncak kawah.

BACA JUGA: Balas Serangan Roket Hamas yang Tewaskan 3 Tentara, Israel Bombardir Rafah

Wafid menuturkan menunjukkan bahwa aktivitas Gunung Ruang masih tinggi, tetapi dari hari ke hari aktivitas menurun bila dibandingkan saat erupsi pada 17 April 2024 dan 30 April 2024. Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai berita meresahkan tersebut serta tidak menyebarluaskannya.

"Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia/Website PVMBG atau mengontak langsung dengan petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ruang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Diduga Korsleting, Satu Unit Mobil Pikap Terbakar di Palbapang Bantul

Bantul
| Kamis, 13 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Viral, Ada Rapper Bisu dan Tuli dari Kongo

Hiburan
| Rabu, 12 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement