Advertisement

CEK FAKTA: Roy Suryo Sebut Ada Kecurangan, KPU Sebut Gibran Tak Kenakan Ear Feeder tapi Cantolan Mik

Mediani Dyah Natalia
Sabtu, 23 Desember 2023 - 23:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
CEK FAKTA: Roy Suryo Sebut Ada Kecurangan, KPU Sebut Gibran Tak Kenakan Ear Feeder tapi Cantolan Mik Cuitan Roy Suryo di akun X miliknya yang diunggah pada 22 Desember 2023. Tangkapan Layar X

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pakar telematika Roy Suryo dalam akun X-nya menyatakan ada kejanggalan dalam pelaksanaan Debat Cawapres 2024 yang digelar Jumat (22/12/2023). Sebab calon wakil presiden (cawapres) nomor dua menggunakan tiga mik sedangkan dua cawapres lain tidak. Namun dari penelusuran cek fakta, diketahui informasi tersebut menyesatkan.

Dari penelusuran video Debat Cawapres 2024 di akun Youtube KPU RI, diketahui jika ketiga cawapres menggunakan tiga mik yang sama, yakni clip-on yang terpasang di dada dan mic di telinga serta satu mikrofon wireless.

Advertisement

Dari video tersebut, juga diketahui cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga memegang mikrofon yang sama seperti yang digunakan Gibran.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari buka suara terkait unggahan pakar telematika Roy Suryo dalam akun X-nya yang mengatakan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mik sekaligus, mulai dari clip-on, hand-held, hingga headset.

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai 3 mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim seperti dikutip dari Antara, Sabtu (23/12/2023) malam.

Hasyim juga menegaskan Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mik. "Bukan ear feeder Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," ungkapnya.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," jelas dia.

Hasyim memastikan debat cawapres berlangsung dengan adil dan spontan. Ia menyayangkan analisis Roy Suryo yang keliru.

"Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab," ucap Hasyim.

"Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah," pungkasnya.

Baca Juga

Debat Cawapres, Pakar Sebut Jawaban Gibran Suka Tak Sesuai Pertanyaan

Terus Digaungkan Cak Imin saat Debat Cawapres, Ini Analogi Kata Slepet

Pakar: Mahfud MD Paling Piawai Kendalikan Ekspresi Emosi di Debat Cawapres

Sebelumnya, Roy Suryo berkomentar terkait dengan pelaksanaan debat perdana cawapres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat. Menurutnya, ada sejumlah kejanggalan dalam debat yang dilaksanakan oleh KPU.

Hal itu dilontarkan Roy Suryo melalui akun X miliknya, @KRMTRoySuryo1, Jumat (22/12/2023).

"Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil," cuit Roy Suryo, dikutip Sabtu.

"Kenapa si nomor 2 ini sampai gunakan 3 (tiga) mic sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set? Apa gunanya juga ada earphone? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa 2 calon yang lain beda? Ambyar," sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Layanan Jadi Semakin Mudah, Tertib Adminduk di Sleman Bisa Ditingkatkan

Sleman
| Jum'at, 23 Februari 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Rohani Katolik, Salam Maria

Hiburan
| Kamis, 22 Februari 2024, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement