Advertisement

Viral KPU Bakal Adakan Debat Istri Capres dan Cawapres, Ini Faktanya

Newswire
Selasa, 12 Desember 2023 - 09:47 WIB
Maya Herawati
Viral KPU Bakal Adakan Debat Istri Capres dan Cawapres, Ini Faktanya Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan ada debat istri capres-cawapres. ist - Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beredar rumor yang menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga bakal mengadakan debat pasangan dari para peserta Pemilu Presiden 2024. Kabar rencana debat istri calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 ini pun viral.

Dalam sejumlah narasi yang beredar, disebutkan ajang adu gagasan itu akan diikuti para istri dari calon presiden maupun calon wakil presiden 2024.  Namun, sejumlah klaim itu tidak menyebutkan lokasi dan tanggal dari acara tersebut.

Advertisement

Berikut isi narasi yang dibagikan di Facebook: "DIDAMPINGI OLEH ISTRI MASING2 ADA DEBAT ISTRI CAPRES Debat antar para istri capres dan cawapres. Jangan disepelekan, mereka juga menentukan nasib negara ini."

Lantas, benarkah KPU gelar debat istri capres-cawapres? Mengacu laman DPR RI, pelaksanaan debat saat Pilpres diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, tepatnya pasal 277.

BACA JUGA: Pemetaan TPS Blank Spot DIY, Terbanyak Kabupaten Gunungkidul

Pasal tersebut menjelaskan debat pasangan calon (paslon) dilaksanakan lima kali oleh KPU dan disiarkan di media elektronik melalui lembaga penyiaran publik. Materi debat paslon adalah visi nasional sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sementara itu, dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, debat paslon dalam Pilpres diatur sebanyak lima kali.  Aturan lebih spesifik menyebutkan debat capres dilakukan tiga kali, dan debat khusus cawapres dilakukan dua kali.

Tidak ditemukan aturan maupun keterangan yang membenarkan adanya debat istri para paslon Pemilu 2024. Narasi ada debat istri capres-cawapres adalah hoaks.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harian Jogja Online, Jumat 23 Februari 2024

Jogja
| Jum'at, 23 Februari 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Rohani Katolik, Salam Maria

Hiburan
| Kamis, 22 Februari 2024, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement