Advertisement

Hoaks Presiden FIFA Tampar Erick Thohir Gegara JIS Banjir, Ini Detailnya

Newswire
Selasa, 28 November 2023 - 19:17 WIB
Maya Herawati
Hoaks Presiden FIFA Tampar Erick Thohir Gegara JIS Banjir, Ini Detailnya Unggahan video hoaks yang menarasikan Presiden FIFA marah karena JIS banjir, sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia. Faktanya, terjemahan dalm video tidak sesuai yang sebenarnya. Ist - TikTok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beredar unggahan video hoaks yang menyebutkan Presiden FIFA Gianni Infantino menampar Ketua Umum PSSI Erick Thohir gegara Jakarta International Stadium (JIS) kebanjiran.

JIS kembali menjadi sorotan pascaduel perempat final Piala Dunia U 17 antara Timnas Brasil melawan Timnas Argentina, pada Jumat (24/11/2023).

Advertisement

Pertandingan Brazil melawan Argentina tersebut harus tertunda selama 30 menit karena terdapat genangan air di lapangan setelah hujan deras.

Sebuah unggahan video di TikTok wawancara memperlihatkan Presiden FIFA, Gianni Infantino dan terdapat terjemahan dalam bahasa Indonesia di wawancaranya.

Dalam terjemahan tersebut, Gianni mengatakan bahwa ia kecewa karena lapngan stadion penyelenggara Piala Dunia tergenang air. Gianni juga mengatakan bahwa Indonesia tidak sukses menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17 kali ini.

Berikut narasi terjemahan yang terdapat dalam video tersebut: “Ini adalah pertandingan perempat final, kenapa bisa banjir seperti ini. Sungguh sangat memalukan dan saya sangat kecewa kepada ketua penyelenggara piala dunia ini. Lihat saja betapa kecewanya saya melihat stadion penyelenggara piala dunia kebanjiran seperti ini. Saya piker Indonesia tidak akan pernah pantas untuk menjadi tuan rumah piala dunia.”

Namun, benarkah Presiden FIFA marah karena JIS banjir dan sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia?

BACA JUGA: Buah Nanas Kaya Manfaat, Ternyata Ada Efek Sampingnya Juga

Berdasarkan penelusuran, terjemahan yang terdapat dalam video tersebut tidak sesuai dengan yang dibicarakan Gianni. Video tersebut serupa dengan unggahan YouTube Sky Sports News yang berjudul  “The future of African football is bright" - Gianni Infantino ahead of the AFCON final”.

Dalam video tersebut, Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan komentarnya jelang pertandingan AFCON final antara Senegal vs Mesir. Ia yakin pertandingan Piala Afrika antara Senegal dan Mesir–dan turnamen secara keseluruhan–akan meningkatkan sepakbola di Afrika.

Sehingga, narasi Presiden FIFA marah karena JIS banjir, sebut Indonesia tidak pantas adakan Piala Dunia merupakan keliru dan merupakan berita hoaks.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Layanan Jadi Semakin Mudah, Tertib Adminduk di Sleman Bisa Ditingkatkan

Sleman
| Jum'at, 23 Februari 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Rohani Katolik, Salam Maria

Hiburan
| Kamis, 22 Februari 2024, 23:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement