Advertisement

Militer Negara-Negara Arab Dikabarkan Bergerak Menuju Gaza, Ini Faktanya

Newswire
Rabu, 22 November 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Militer Negara-Negara Arab Dikabarkan Bergerak Menuju Gaza, Ini Faktanya Tangkapan layar video berisi narasi hoaks yang menyatakan militer negara-negara Arab bergerak menuju Gaza. ist - TikTok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAJalur Gaza masih terus digempur Israel meskipun ada pernyataan gencatan senjata. Beredar video menyebutkan bantuan militer dari negara-negara Arab dikabarkan telah bergerak menuju Gaza untuk memberikan bantuan terhadap Palestina.

Cuplikan gambar yang menampilkan tiga helikopter militer melintas di langit, turut disematkan dengan narasi bantuan dari negara-negara Arab tersebut.

Advertisement

Berikut narasi di TikTok yang diubah ke dalam Bahasa Indonesia: "Akhirnya negara-negara Arab mulai bergerak menuju Gaza untuk membantu.”.

Video yang dibagikan pada pekan ketiga Oktober 2023 ini, juga mendapatkan atensi serius dari pengguna media sosial. Konten tersebut sudah disukai hampir 500.000 akun dan dibagikan ulang sebanyak 28.000 kali.

Lalu, benarkah konten ini memperlihatkan bantuan militer negara-negara Arab yang bergerak menuju Gaza?

BACA JUGA: Israel Sepakat Gencatan Senjata, Namun Tetap Bombardir Gaza

Faktanya, gambar serta narasi yang disajikan di TikTok itu tidak bertaut, sehingga teridentifikasi sebagai hoaks. Kumpulan helikopter tersebut tidak sedang bergerak menuju Gaza.

Penampilan sejumlah “capung besi" di langit itu adalah bagian pertunjukkan parade militer udara di Veracruz, Meksiko pada awal Oktober 2023, melansir AFP.  

Adapun, bendera yang dikibarkan helikopter terdepan di video itu adalah bendera Meksiko. Unggahan video di akun TikTok berikut memperkuat fakta tersebut.

Selain itu, mengacu berita Antara, bantuan yang disalurkan Liga Arab untuk Gaza, sejauh ini berupa bantuan kemanusiaan. Tak ada catatan terkait dengan peluncuran bantuan militer dari negara-negara Arab. Jadi klaim yang menyebut militer negara-negara Arab bergerak menuju Gaza adalah berita hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Luncurkan Sekolah Perempuan Penyintas Kekerasan

Jogja
| Sabtu, 18 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Aktor Kang Hoon Bakal Jadi Member Sementara Running Man untuk Gantikan Jeon So Min

Hiburan
| Kamis, 16 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement