Advertisement

Beredar Video Rocky Gerung Resmi Ditahan, Ini Faktanya

Newswire
Senin, 07 Agustus 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Beredar Video Rocky Gerung Resmi Ditahan, Ini Faktanya Unggahan video hoaks yang menarasikan Rocky Gerung resmi ditangkap karena hina Jokowi. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. - ist - Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABeredar video yang berisi akademisi Rocky Gerung ditahan polisi. Kasus ini konon buntut dari pelaporan sejumlah pihak ke Bareskrim Polri karena dinilai menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan kata-kata kasar.

Sebuah unggahan video di Facebook berdurasi sembilan menit menarasikan pada 3 Agustus 2023, Rocky Gerung ditangkap polisi karena dianggap menghina Presiden Jokowi.

Advertisement

Pada thumbnail dalam video, memperlihatkan Rocky Gerung yang mengenakan kaus abu-abu sedang dibawa oleh aparat.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “ROCKY GERUNG DIC1DUK D3NSVS, PENGH1N4AN TERHADAP PRESIDEN JOKOWI BER4KHIR DIPENJ4RA

Namun, benarkah video Rocky Gerung resmi ditangkap karena dianggap menghina Jokowi?

Berdasarkan penelusuran, ditemukan foto dalam thumbnail video tersebut merupakan editan. Foto aslinya serupa dengan unggahan berita Depoktren yang berjudul Ada 44 Orang Gila Dibina Dinsos Depok.

BACA JUGA: BMKG DIY Ingatkan Potensi Gempa M 8,7 akibat Megathrust, Begini Persiapan BPBD DIY

Dinsos Pemkot Depok telah melakukan pembinaan terhadap 44 orang yang mengalami ganguan jiwa. Orang gila yang ditangani Dinsos Depok langsung dibawa ke Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) yang ada di Bogor.

Selain itu, narator membacakan artikel Seword yang berjudul Rocky Gerung Terlalu Offside, Jangan Mewek Aja Lah. Dalam artikel tersebut, tidak ada informasi mengenai Rocky Gerung resmi ditangkap polisi.

Seperti dilansir Antara, Bareskrim Polri menyatakan mulai menyelidiki laporan polisi yang dilayangkan sejumlah masyarakat di beberapa daerah terkait dugaan tindak pidana penyebaran berita bohong oleh pengamat politik Rocky Gerung. Ia menjelaskan ada 13 laporan polisi yang sudah diterima kepolisian dan dua pengaduan masyarakat. Dengan demikian video tersebut tidak benar alias hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja, Minggu 24 September 2023

Jogja
| Minggu, 24 September 2023, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Seberapa Besar Tingkat Keberhasilan Metode Manifestasi Surat Cinta

Hiburan
| Minggu, 24 September 2023, 00:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement