CEK FAKTA: Minum Kopi Bisa Cegah dan Sembuhkan Covid-19?

Kopi rempah - Istimewa
12 Desember 2020 22:37 WIB Fitri Sartina Dewi Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ada postingan di media sosial Twitter dan Facebook yang menyebutkan bahwa kopi dalam dosis tertentu berpotensi mencegah Covid-19 dengan cara menghambat Covid-19 menempel pada sel seseorang.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengungkapkan bahwa faktanya kopi atau kafein belum terbukti efektif dan aman untuk mengobati Covid-19.

"Sementara itu, WHO menyatakan sampai saat ini tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati Covid-19," tulis KPCPEN pada akun instagram @lawancovid19_id, Sabtu (12/12/2020).

KPCPEN pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan informasi yang menyesatkan dan selalu meneliti terlebih dahulu sumber informasi yang didapatkan dan dicek kebenarannya sebelum disebarkan ke pihak lainnya.

Baca juga: Zona Risiko Sedang Bukan Zona Nyaman

Untuk mendapatkan informasi yang akurat, masyarakat dapat mengikuti kanal-kanal informasi Covid-19 yang terpercaya mulai dari website covid19.go.id dan aku instagram @lawancovid19_id. 

Sebelumnya, WHO membagikan tips untuk menghadapi infodemik yang dinilai turut menjadi tantangan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Infodemik menjadi tantangan karena mengarah pada informasi berlebih akan sebuah masalah, sehingga kemunculannya dapat mengganggu usaha pencarian solusi terhadap masalah tersebut.

Masyarakat pun diimbau untuk memastikan agar setiap informasi terkait Covid-19 yang diterima berasal dari sumber terpercaya. Pengecekan perlu dilakukan meski pengirim informasi tersebut ialah teman dekat atau anggota keluarga.

Baca juga: Pemerintah Tolak Rekonsiliasi dengan Habib Rizieq, Ini Penyebabnya

Menurut WHO, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi terkait Covid-19 seperti mengecek sumbernya, mengecek judul informasi, hingga memeriksa bukti-bukti pendukung dari informasi yang diterima.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Sumber : bisnis.com