CEK FAKTA: Pemilik Kartu BPJS Dapat Bantuan Tunai Rp2,4 Juta? Ini Kata Pemerintah

Ilustrasi - Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Balai Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (18/5/2020). - Antara/Yusuf Nugroho\\n
05 Desember 2020 13:27 WIB Maria Elena Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan pernyataan terkait dengan kabar pemilik kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan mendapatkan bantuan Rp2,4 juta.

Sebelumnya, beredar unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan pemilik kartu BPJS Kehatan berhak mendapatkan bantuan tersebut melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) terdekat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan pernyataan melalui situs resminya bahwa informasi tersebut tidak benar.

BACA JUGA : Pengalaman Pertama Rizal Gunakan BPJS Kesehatan

Kepala BPJS Kesehatan Kotamobagu, Sulawesi Utara, Suci Wulandari juga mengatakan unggahan yang dimuat di beberapa media sosial tentang bantuan bagi masyarakat dari salah satu bank nasional merupakan hoaks.

Adapun, informasi bantuan yang beredar di Facebook sebagai berikut.

"YANG MERASA DIRI PUNYA KARTU BPJS (KIS) KESEHATAN GRATIS DARI PEMERINTAH YANG ADA NOMOR DI SAMPING NAMANYA.. HARAP DIBAWA KE KANTOR BANK BRI TERDEKAT. KATA BANG YANG PUNYA KARTU INI AKAN DIBERIKAN BANTUAN UANG TUNAI SEBESAR 2,4 JUTA TERIMAKASIH".

Sebelumnya pun, sempat beredar hoaks bahwa BPJS akan memberikan bantuan dana sebesar Rp4 juta per kepala keluarga pada akhir September lalu.

"Itu hoaks, selama ini tidak ada bantuan-bantuan seperti itu," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan, saat itu, M. Iqbal Anas Ma'ruf, Rabu (30/9/2020).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia