CEK FAKTA: Benarkah Kepala Pria Berlubang Besar jika Konsumsi Minuman Energi secara Berlebihan?

Hoaks tengkorak kepala berlubang karena berlebihan dalam mengonsumsi minuman berenergi. - turnbackhoax.id
15 September 2020 18:37 WIB Newswire Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah akun Instagram @wow.dunia mengunggah foto dengan disertai narasi yang menginformasikan bahwa di tengkorak kepala seorang pria bernama Austin terdapat lubang besar akibat mengonsumsi minuman energi secara berlebihan. Foto diunggah pada 14 Agustus 2020.

Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah disukai sebanyak 72,23w kali.

“Pria bernama Austin ini mempunyai lubang besar pada tengkorak kepalanya yang di sebabkan karena mengkonsumsi minuman energi yang berlebihan," begitu dituliskan dalam unggahan itu. 

Dilansir dari turnbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusuran, informasi mengenai minum minuman energi secara berlebihan menyebabkan lubang besar pada tengkorak kepala tidak tepat.

Mengutip dari hasil periksa fakta Snopes, dijelaskan bahwa terdapat pula klaim terkait minuman energi menyebabkan pendarahan otak yang kemungkinan besar berasal dari efek kafein pada tekanan darah. Namun, penelitian lebih lanjut telah menghasilkan informasi yang bertentangan mengenai kemungkinan kejadian tersebut dapat terjadi.

Selain itu, tidak ada pernyataan dari dokter yang memverifikasi bahwa minum minuman energi berlebihan sebabkan lubang pada tengkorak kepala ataupun masuk akal secara medis.

Dengan demikian, unggahan akun Instagram WOW DUNIA (@wow.dunia) dapat dikategorikan sebagai Konten yang menyesatkan karena tidak ada pernyataan resmi secara ilmiah dan medis apakah kejadian tersebut terjadi disebabkan meminum minuman energi secara berlebihan atau tidak.

Sumber : turnbackhoax.id