Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Anies Terima Penghargaan Provinsi Jumlah Covid-19 Terbanyak?

Newswire
Kamis, 10 September 2020 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Anies Terima Penghargaan Provinsi Jumlah Covid-19 Terbanyak? Hoaks foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan sebagai provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah akun Facebook bernama Sam Budi mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam foto itu, Anies nampak mengenakan batik dengan memegang trofi dan piagam penghargaan.

Pada piagam penghargaan, terdapat tulisan “PENGHARGAAN Provinsi Jumlah Covid 19 Tertinggi.”

Advertisement

Foto Gubernur Anies tersebut terpasang bersamaan dengan tangkapan layar berita dari cnbcindonesia.com dengan judul “Hari Ini Rekor Tertinggi Kedua Kasus Corona di DKI Pecah Lagi” yang ditayangkan, Senin (6/9/2020) dengan penulisnya Ferry Sandi.

Dalam unggahan ini, akun Facebook Sam Budi juga menambahkan narasi “Prestasi yg di banggakan oleh pengikutnya.”

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan foto tersebut adalah hasil suntingan atau editan. Selain itu narasinya pun keliru atau salah.

Foto Gubernur Anies memegang trofi dan piagam penghargaan adalah ketika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan untuk kategori ‘Badan Publik Pemerintah Provinsi Kualifikasi Informatif’ dari Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Jumat, 22 November 2019 lalu.

Sementara foto yang dijadikan sampul pada artikel CNBC Indonesia, bukanlah foto Gubernur Anies, namun foto lain dengan keterangan “Foto: Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta Barat melakukan sensus penduduk secara langsung ke permukiman warga di Kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo).”

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Sam Budi menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang dimanipulasi dengan definisi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement