Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Ada Surat Panggilan Calon Karyawan Pertamina DIY & Solo?

Newswire
Selasa, 08 September 2020 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Ada Surat Panggilan Calon Karyawan Pertamina DIY & Solo? Hoas surat Pertamina DIY dan Solo. - Istimewa via Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Belum lama ini, surat panggilan yang mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta beredar ke sejumlah alamat email dan Whatsapp. Surat tersebut bernomor 816/SDM-31704/2020 dan berisi enam lampiran yang tertulis untuk kepentingan panggilan tes seleksi “rekrutmen” karyawan PT Pertamina (Persero).

Surat tersebut memuat keterangan bahwa telah dilakukan evaluasi terhadap lamaran kerja dari si penerima surat. Surat tersebut dikemas seolah-olah surat resmi, lengkap dengan nama penerima dan keterangan kapan akan dilaksanakan tes tahap berikutnya yaitu wawancara.

Advertisement

Selain calon karyawan diminta membawa surat panggilan tes interview, identitas diri, dan pas foto terbaru.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus maka akan langsung tes kesehatan pada keesokan harinya di tempat yang belum diinformasikan.

Hasil Penelusuran

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Solopos.com--jaringan Harianjogja.com, Senin (31/8/2020), surat serupa juga beredar beberapa kali dengan format yang berbeda-beda. Pertengahan Januari 2020 beredar surat pengumuman lowongan pekerjaan di sejumlah posisi seperti Bimbingan Profesi Sarjana hingga Bimbingan Keahlian Juru Teknik.

Sedangkan untuk surat yang beredar mengatasnamakan PT Pertamina DIY dan Surakarta, laman resmi Kemenkominfo telah melakukan konfirmasi bahwa surat tersebut adalah tidak benar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam wawancara dengan Liputan6.com, Minggu (31/8/2020), juga mengkonfirmasi surat tersebut tidak benar. "Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com," ujar Fajriyah.

Fajriyah menyatakan sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. "Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Putusan Banding Turun, Vonis Mari Terdakwa Waliyin dan Ridduan Jadi Penjara Seumur Hidup

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement