Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Ada Pesawat Jatuh di Tol Banyumanik Semarang?

Newswire
Minggu, 23 Agustus 2020 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Ada Pesawat Jatuh di Tol Banyumanik Semarang? Hoax pesawat jatuh di tol Banyumanik. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Belum lama ini, Sebuah akun TikTok Eyang Keni (tiktok.com/@eyangkeni) mengunggah sebuah video yang terdapat suara seorang pria sebagai berikut:

“Telah terjadi pesawat jatuh di Tol Banyumanik, salah jalur, ini pilotnya sekolae nembak sim e dadine masuk ke pintu tol, waduh kasihan pengendara mobil lainnya ini”

Advertisement

Dilansir dari turnbackhoax.id, adanya video yang diklaim sebagai pesawat jatuh di Tol Banyumanik adalah klaim yang salah.

Faktanya, pesawat itu bukan jatuh. Pesawat di video itu adalah pesawat buatan mendiang BJ Habibie, N250 Gatot Kaca yang tersangkut atap gerbang tol Banyumanik, Semarang, Kamis malam (20/8/2020) ketika dalam perjalanan dari Bandung menuju Jogja. Pesawat ini akan melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Manajer Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah (PT TMJ), Fauzi Abdurrahman, mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu truk berada di salah satu gerbang tol arah Solo. Ketinggian maksimal gerbang tol Banyumanik, 4,2 meter, membuat truk yang mengangkut pesawat perlu penyesuaian agar bisa melintas.

“[Kejadian] jam 19.30 WIB,” kata Fauzi lewat pesan singkat kepada wartawan, Kamis (20/8/2020) malam.

“Karena ukurannya [pesawat] besar jadi sama teman-teman [di lapangan] diarahkan untuk mundur yang gerbang yang lebar di sisi paling kanan gerbang tol [Banyumanik] karena lebih tinggi,” terang Direktur Utama Trans Marga Jawa Tengah (TMJ), David Wijayanto saat dihubungi IDN Times, Jumat (21/8/2020). David juga menegaskan tidak ada kerusakan apa pun milik di gerbang tol milik TMJ, yang diakibatkan dari peristiwa tersebut.

Proses berjalan hingga sekitar pukul 22.00 WIB dan sudah kembali melanjutkan perjalanan via tol dan belum ada informasi terkait kendala lainnya dalam perjalanan.

Pesawat N250 dibawa menggunakan truk dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung. Pesawat akan ditempatkan pada Museum Pusat Dirgantara (Muspurdirla) Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat Prototype Aircraft PA01 N250 milik PT Dirgantara Indonesia (DI) agar ditempatkan di Muspurdirla, yang direncanakana akan diserahterimakan pada 25 Agustus 2020. Rencananya dalam acara serah terima tersebut akan dihadiri Panglima TNI.

Pada Jumat, 21 Agustus 2020, N250 Gatotkaca telah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Sleman, DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement