CEK FAKTA: Penampilan Kaesang Bernuansa Islami untuk Ngemis Suara Muslim?

03 Agustus 2020 16:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah foto Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Wdodo, yang tampil dengan busana bernuansa Islami menjadi bahan pembicaraan salah akun di Facebook. 

Akun bernama Erly Anto atau @erliyanto.anto memposting foto Kaesang Pangarep yang mengenakan peci, baju koko putih panjang dan celana panjang di atas mata kaki atau biasa disebut celana cingkrang, Sabtu (1/8/2020).

Dalam unggahannya tersebut, ditambahkan narasi sebagai berikut: “Tiba tiba jadi spt….mau ngemis suara muslim….gak malu …..,” tulis akun Facebook Erly Anto.

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id melalui mesin pencari, faktanya unggahan akun Facebook Erly Anto adalah salah atau keliru.

Foto Kaesang itu pernah diunggah sebelumnya pada media sosial Twitter Kaesang Pangarep atau @kaesangp pada 5 Juni 2019 atau bersamaan dengan hari raya Idulfitri 1440 Hijriah. Kaesang mengunggah foto tersebut dengan keterangan “Gimana? Saya tidak pakai JIN,” tulisnya.

Artinya terkait waktu unggahan dan konteks dari foto Kaesang tersebut tidak ada hubungannya dengan pemilihan umum atau seperti yang ditulis akun Facebook Erly Anto yakni mau mengemis suara muslim.

Kesimpulan

Dengan begitu, berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft, unggahan ini dapat disebut sebagai konten yang salah dengan definisi ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.