CEK FAKTA: Beredar Gambar Indomie Rasa Saksang Babi, Begini Klarifikasinya

Tangkapan layar unggahan hoaks Indomie Rasa Saksang Babi. - Ist/turnbackhoax.id
22 Juli 2020 20:07 WIB Nina Atmasari Cek Fakta Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebuah unggahan tentang produk Indomie Rasa Saksang Babi beredar di media sosial facebook.

Akun Falah Ipay mengunggah sebuah foto salah satu produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yaitu Indomie yang seolah adalah varian “Rasa Saksang Babi”. Unggah ini disertai narasi “Indomie seleraku Rasa babi emmm endull”.

Baca juga: HASIL SURVEI: Mayoritas Warga Jogja Menolak Belajar Tatap Muka di Sekolah

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id, klaim bahwa ada foto produk Indomie Rasa Saksang Babi adalah klaim sayang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto suntingan atau editan. Pada foto asli, varian rasa Indomie itu adalah Rasa Soto Medan.

Salah satunya, diunggah di situs jual beli Tokopedia oleh akun KEDAI HARIAN ETEK dengan judul “INDOMIE RASA SOTO MEDAN”. Foto tersebut identik dengan foto yang sudah diedit, terutama pada bagian latar belakang dan tanggal kedaluwarsa produk di foto tersebut yang itu 28 01 20.

Baca juga: Rhoma Irama Akan Berduet dengan Via Vallen, Nyanyi Lagu Piano?

Pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga menegaskan bahwa klaim itu hoax, karena Indofood hanya memproduksi produk halal.

Lewat akun media sosialnya, pihak Indomie juga menegaskan, komitmennya bahwa seluruh produk Indomie halal dan aman dikonsumsi.
Hai Indomielovers!
Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dan halal dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan & kehalalan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu.” tulis Indomie, Senin (20/7/2020).